Monday, 17 March 2014

MENGENAL DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN - Sing Penting Ngerjakne



PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
Teknologi pendidikam merupakan suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar”.  belajar bukan hanya dilakukan oleh dan untuk individu, melainkan oleh dan untuk kelompok, bahkan juga diperuntukkan oleh organisasi secara keseluruhan. Dengan adanya teknologi pendidikan, maka kita dapat belajar di mana saja, kapan saja, pada siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber dari mana saja. Dan di sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.
Tujuan utama teknologi pendidikan salah satunya adalah untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Teknologi pembelajaran juga sebagai perangkat lunak (software technology) yang berbentuk cara-cara sistematis dalam memecahkan masalah pendidikan semakin canggih dan mendapat tempat secara luas dalam dunia pendidikan. Dengan demikian aplikasi praktis teknologi pendidikan dalam memecahkan suwatu masalah belajar mempunyai bentuk kongret dengan danya sumber belajar yang memfasilitasi peserta didik.
Dengan teknologi pendidikan, maka dapat mengupayakan dengan semaksimal mungkin dalam merancang, mengembangkan, dan memanfaatkan aneka sumber belajar. Sehingga, dapat memudahkan atau memfasilitasi seseorang untuk belajar di mana  saja, kapan saja, oleh siapa, dan dengan cara dan sumber belajar apa saja yang sesuai dengan kebutuhanya.

B.  Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan Teknologi Pendidikan?



PEMBAHASAN

DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN



Adapun beberapa pendapat para ahli dalam mendefinisikan makna teknologi pendidikan, diantaranya:
1.         Nasution mempunyai dua pendapat tentang pengertian Teknologi Pendidikan yakni:
a.    Media yang lahir dari perkembangan alat informasi yang digunakan untuk tujuan pendidikan.[1]
b.    Pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem- sistem, teknik, dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.[2]
2.         Menurut Prof. Dr. Hadi Miarso, bahwa teknologi berasal dari kata techne yang artinya adalah seni, cara, dan kreatifitas yang ditempuh oleh seorang pendidik dalam mentrasfer pengetahuan kepada peserta didik.[3] Dalam kata lain bahwa seorang guru harus mempunyai cara-cara ataupun keahliannya dalam mendidik peserta didik.
3.         Teknologi pendidikan merupakan proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah mencari jalan pemecahanya, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.[4]
4.         Teknologi pembelajaran adalah penerapan secara sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu perilaku dan ilmu yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan pemecahan masalah pembelajaran.[5]
5.         Tehnologi Pendidikan adalah suatu cara atau suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut hardware maupun yang lebih penting dari itu yaitu software, sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.[6]


KESIMPULAN


Dari pendapat-pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi pendidikan adalah suatu cara untuk meningkatkan aktifitas belajar dengan suatu media dan memanfaatkan penggunaan teknologi yang didesain secara sistematis guna mempermudah proses pendidikan.



DAFTAR PUSTAKA



Arif AM, Mohammad. 2010. Teknologi Pendidikan. Kediri: STAIN Kediri Press.

Nasution. 1987. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Pidarta, Made. 1997. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran, Cet. V. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf hadi, Miarso.  1986. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.




[1] Nasution, Teknologi Pendidikan (Bandung: Jemmars, 1987), hal. 20.
[2] Ibid..., hal. 7.
[3] Made Pidarta, Landasan Kependidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1997), hal. 22.
[4] Miarso Yusuf hadi,  Definisi Teknologi Pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers, 1986), hal. 1.
[5] Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), hal. 50.
[6] Mohammad Arif AM, Teknologi Pendidikan (Kediri: STAIN Kediri Press,2010), hal. 3.

No comments:

Post a Comment