PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Teknologi pendidikam
merupakan suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar”. belajar bukan hanya dilakukan oleh dan untuk
individu, melainkan oleh dan untuk kelompok, bahkan juga diperuntukkan oleh
organisasi secara keseluruhan. Dengan adanya teknologi pendidikan, maka kita
dapat belajar di mana saja, kapan saja, pada siapa saja, mengenai apa saja,
dengan cara dan sumber dari mana saja. Dan di sesuaikan dengan kondisi dan
kebutuhan.
Tujuan utama teknologi
pendidikan salah satunya adalah untuk memecahkan masalah belajar atau
memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Teknologi pembelajaran juga sebagai
perangkat lunak (software technology) yang berbentuk cara-cara
sistematis dalam memecahkan masalah pendidikan semakin canggih dan mendapat
tempat secara luas dalam dunia pendidikan. Dengan demikian aplikasi praktis
teknologi pendidikan dalam memecahkan suwatu masalah belajar mempunyai bentuk
kongret dengan danya sumber belajar yang memfasilitasi peserta didik.
Dengan teknologi
pendidikan, maka dapat mengupayakan dengan semaksimal mungkin
dalam merancang,
mengembangkan, dan memanfaatkan aneka sumber belajar. Sehingga, dapat
memudahkan atau memfasilitasi seseorang untuk belajar di mana saja, kapan saja, oleh siapa, dan dengan cara
dan sumber belajar apa saja yang sesuai dengan kebutuhanya.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan Teknologi Pendidikan?
PEMBAHASAN
DEFINISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Adapun beberapa pendapat para ahli dalam mendefinisikan
makna teknologi pendidikan, diantaranya:
1.
Nasution mempunyai dua pendapat tentang pengertian
Teknologi Pendidikan yakni:
b. Pengembangan,
penerapan, dan penilaian sistem- sistem, teknik, dan alat bantu untuk
memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.[2]
2.
Menurut Prof. Dr. Hadi Miarso, bahwa
teknologi berasal dari kata techne yang artinya adalah seni, cara, dan
kreatifitas yang ditempuh oleh seorang pendidik dalam mentrasfer pengetahuan
kepada peserta didik.[3] Dalam kata lain bahwa seorang guru harus mempunyai
cara-cara ataupun keahliannya dalam mendidik peserta didik.
3.
Teknologi pendidikan merupakan proses yang
kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan
organisasi untuk menganalisis masalah mencari jalan pemecahanya, melaksanakan,
mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek
belajar manusia.[4]
4.
Teknologi pembelajaran adalah
penerapan secara sistematik strategi dan teknik yang diambil dari konsep ilmu
perilaku dan ilmu yang bersifat fisik, serta pengetahuan lain untuk keperluan pemecahan
masalah pembelajaran.[5]
5.
Tehnologi Pendidikan adalah suatu
cara atau suatu metode yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan
peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan baik menggunakan alat media atau
disebut hardware maupun yang lebih
penting dari itu yaitu software, sehingga
dalam mendidik peserta didik mereka dapat menerima materi yang diberikan oleh
pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.[6]
KESIMPULAN
Dari
pendapat-pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi pendidikan adalah
suatu cara untuk meningkatkan aktifitas belajar dengan suatu media dan
memanfaatkan penggunaan teknologi yang didesain secara sistematis guna
mempermudah proses pendidikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Arif AM,
Mohammad. 2010. Teknologi Pendidikan. Kediri:
STAIN Kediri Press.
Nasution.
1987. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Pidarta, Made.
1997. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran, Cet. V.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yusuf hadi,
Miarso. 1986. Definisi Teknologi
Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
No comments:
Post a Comment