Istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah adalah structional
technology atau educational technology. Salah satu pendapat bahwa intrructional
technology means the media born of the communication revolution which can be
used for instructional purpose alongside the teacher , the book, and the
blackboard (commission on Intructional technology dalam Norman Beswick,
Resource-Based learning, 1997 hal. 39). Jadi yang diutamakan ialah media
komunikasi yang berkembang secara pesat yang dapat dimanfaatkan dalam
pendidikan. Alat-alat yang lazim disebut “Hardware” antara lain berupa TV,
radio, video tape, computer,dan lain-lain.[1]
Pendapat lain
mengatakan bahwa teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan
penilaian system-sistem, teknik dan dan alat bantu untuk memperbaiki dan
menigkatkan proses belajar manusia. Disini diutamakan proses belajar itu
sendiri disamping alat-alat yang dapat membantu proses belajar itu. Jadi
teknologi pendidikan itu mengenai software
maupun hardware nya. Software antara lain menganalisis dan
mendesain urutan atau langkah-langkah belajar berdasarkan tujuan yang ingin
dicapai dengan metode penyajian yang serasi serta penilaian keberhasilannya.juga
merupakan suatu proses yang kompleks dan terpadu yang meliputi manusia,
perosedur, ide, alat dan organisasi untuk menganalisis masalah serta merancang,
melaksanakan, menilai, dan mengelola usaha pemecahan masalah yang berhubungan
dengan segala aspek belajar (AECT, 1971).[2]
Dalam teknologi
pendidikan pemecahan masalah itu terjelma dalam bentuk semua sumber belajar
yang didesain dan/atau dipilih dsn/atau digunakan untuk keperluan belajar ,
sumber-sumber belajar ini diidentifikasi sebagai pesan, orang, bahan,
peralatan, teknik dan latar (lingkungan).[3]
Ada pula yang
berpendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pemikiran yang sistematis tentang
pedidikan, penerapan metode problem solving dalam pendidikan, yang dapat
dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern, akan tetapi juga tanpa alat-alat
bantu.
Pada hakekatnya
teknologi pendidikan adalah suatu pendekatan yang sistematis dan kritis tentang
pendidikan. Teknologi Pendidikan memandang soal mengajar dan belajar sebagai
masalah atau problem yang harus dihadapi secara rasional dan ilmiah.[4]
[1] Nasution, Teknologi Pendidikan Jakarta:Bumi Aksara, 1994. 1
[2] Mudhoffir, Teknologi Intsruktional, Bandung:Rosdakarya, 1996.
[3]Arif,Sadiman,Abdul Zachri,Abdul Gafur, Farida Mukti, YusufHadi
Miarso, terjemah dari The definition Educational of Technology
[4] Nasution, Teknologi Pendidikan Jakarta:Bumi Aksara, 1994.
1-2
No comments:
Post a Comment