Friday 25 August 2017

Tutorial Menambah Koleksi Form/Ukuran Kertas pada Printer

Selamat sore Gan...!!!
             Mumpung bos gue gak ada, trus kerjaan lagi nyantai, boleh donk saya berbagi tutorial bagaimana caranya setting printer sobat untuk menambah koleksi ukuran kertas/form pada printer. Mungkin ada sobat yang mengalami kesulitan untuk menyetting printer seperti yang saya sebutkan tadi, dan ide ini memang muncul dari pengalaman saya ketika kesulitan untuk menambah ukuran/ form pada printer ditempat saya bekerja.
Oke...langsung saja gak usah banyak basi-basinya....

Tutorial ini membahas gimana cara setting printer cannon maupun Epson untuk menambah koleksi form/ukuran kertas Folio (F4) pada PC agan. kenapa saya memilih kedua merk tersebut? dikarenakan sebagian besar yang sering kita jumpai adalah kedua merk printer tersebut, namun sebenarnya cara setting ini tidak jauh berbeda dengan printer merk" lainnya.....
  • Tahap Pertama
    1. Buka Control Panel (start –> Control panel), klik 2 kali Printer and Faxes
    2. Klik kanan pada gambar icon merk/tipe printer yang dikehendaki, Lalu pilih properties

    3. Pada jendela yang muncul klik Printing preferences…

    4. Langkah selanjutnya tergantung pada jenis printer yang digunakan sebagai berikut:

  • Printer Canon
    1. Klik tab Page Setup, pilih ukuran kertas (Page size:Custom… dari drop down list

    2. Ukuran kertas folio dalam Inch: 8,5 x 13. (lebih mudah diingat). Jadi, klik Inch pada unit, isikan ukuran lebar dan tinggi kertas folio di atas kemudian klik OK dan OK lagi untuk konfirmasi 

  • Printer Epson
  1. Pada tab main ini pilih size menjadi user defined dari dropdown list

  2. Silahkan isi nama yang sesuai, misal: Folio/F4. Klik unit pada inc (0,01 inch) kemudian masukkan lebar dan tinggi/panjang kertas, yaitu: 850 x 1300 dan klik save
     
  3. Kemudian akan muncul nama kertas baru yang telah kita definisikan. klik OK. dan OK lagi dari jendela utama printing preferences.
Demikian postingan saya kali ini, semoga dapat membantu kesulitan sobat blogger. ada kurangnya saya mohon kritik dan sarannya agar blog ini bisa semakin lebih baik lagi....


Semoga Bermanfaat.... Thanxs....


No comments:

Post a Comment