PEMBELAJARAN BERBASIS
“ACTIVE LEARNING”
1.
INQUIRING MINDS WANT TO KNOW
|
-
Fasilitator membuat pertanyaan terkait
dengan apa yang diinginkan.
-
Peserta memberi jawaban.
-
Fasilitator menampung jawaban. Yang kemudian
dijadikan sebagai jembatan apa yang akan disampaikan.
|
2.
POINT-COUNTER-POINT
|
-
Memilih issu-issu yang berperspektif
-
Membagi kelompok berdasarkan jumlah
perspektif
-
Meminta kelompok menyiapkan argumen-argumen,
masing-masing kelompok duduk terpisah
-
Peserta menyampaikan argumennya, minta
tanggapan, bantahan atau koreksi dari kelompok lain
-
Merangkum debat dengan mengarisbawahi
argumen-argumen yang muncul.
|
3. GROUP RESUME
|
-
Fasilitator membagi siswa ke dalam kelompok
–kelompok
-
Fasilitator memberi tugas kepada
masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi dan membuat resume kelompok
-
Fasilitator memberi kertas plano dan spidol
kepada kelompok untuk menulis resume
-
Kelompok mempresentasikan resume
-
Fasilitator memberikan klarifikasi
-
|
4. PRACTICE—REHEARSAL
|
-
Memilih ketrampilan yang akan dipelajari
oleh siswa
-
Siswa menyusun KETRAMPILAN yang diajarkan
-
Siswa mendemonstrasikan
-
Fasilitator memberikan klarifikasi
|
5. ACTIVE
KNOWLEDGE SHARING
|
-
Membuat pertanyaan
-
Peserta menjawab pertanyaan
-
Peserta menjawab pertanyaan dengan saling
membantu
-
Memeriksa jawaban perserta, mengenalkan
topik yang penting
|
6.
LEARNING START WITH A QUESTION
|
-
Memilih bacaan dan membagikannya kpd peserta
-
Meminta peserta mempelajari bacaan sendirian
atau dengan teman
-
Meminta peserta memberi TANDA pada bagian
bacaan yang tidak dipahami
-
Peserta menulis pertanyaan tentang
materi yg dibaca
-
Mengumpulkan pertanyaan yang telah ditulis
peserta
-
Menyampaikan pembelajaran dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut
|
7.
CARD SORT
|
-
Membagi potongan kertas yang
berisi informasi dalam satu atau lebih kategori
-
Peserta berkeliling kelas untuk menemukan
kategori yang sama
-
Peserta mempresentasikan kategori yang sama
di depan kelas
-
Memberikan poin-poin penting terkait dengan
materi
|
8.
THE POWER OF TWO
|
-
Mengajukan pertanyaan yang
menuntut perenungan dan pemikiran
-
Meminta peserta menjawab pertanyaan secara
individu
-
Meminta peserta untuk berpasangan dan saling
bertukar jawaban dan membahasnya
-
Meminta pasangan membuat jawaban baru dari pertanyaan
dan memperbaiki jawaban individualnya.
-
Membandingkan jawaban setiap pasangan di
dalam kelas (mugi)
|
9. JIGSAW LEARNING
|
-
Memilih materi menjadi beberapa segmen
-
Membagi peserta menjadi beberapa kelompok
-
Setiap kelompok mendapat tugas membaca
dan memahami materi yang berbeda
-
Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke
kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari
-
Mengembalikan suasana kelas seperti semula
-
Memberi pertanyaan untuk mengecek pema-haman
peserta terhadap materi (maskanah)
|
10.
EVERYONE IS A TEACHER HERE
|
-
Membagi secarik kertas/kartu
indeks ke peserta. Peserta
diminta membuat satu pertanyaan tentang materi.
-
Mengumpulkan kertas, mengacaknya dan
membagi-kannya kepada setiap peserta
-
Meminta peserta secara sukarela membacakan pertanyaan
dan menjawabnya
-
Setelah jawaban diberikan, mintalah peserta
lainnya untuk menambahkan
-
Melanjutkan
dengan sukarelawan berikutnya (Umiyati)
|
11. READING GUIDE
|
-
Menentukan bacaan yang akan dipelajari
-
Membuat kisi-kisi pertanyaan yang akan
dijawab oleh siswa melalui bahan bacaan yang telah dipilih
-
Membagikan bahan-bahan bacaan dengan
kisi-kisi pertanyaan kepada setiap siswa
-
Setiap siswa mempelajari bahan bacaan dengan
menggunakan kisi-kisi pertanyaan yang ada
-
Membahas kisi-kisi pertanyaan dengan
menanyakan jawabannya kepada siswa. (st Kuraisin)
|
12.
READING A LOAD
|
-
Pilih satu teks yang cukup menarik untuk
dibaca dengan keras. Usahakan teks tidak terlalu panjang
-
Berikan copy-an teks kepada siswa . Beri tanda
poin-poin atau isu-isu yang
menarik untuk didiskusikan
-
Ketika bacaan sedang berlangsung,
berhentilah pada beberapa tempat atau tanda untuk menekankan arti penting
poin-poin tertentu, untuk bertanya atau memberi contoh. Beri kesempatan
kepada siswa untuk berdiskusi jika
mereka menunjukkan ketertarikan pada poin tersebut.
-
Akhiri proses dengan bertanya kepada siswa
apa yang ada dalam teks. (marsudi)
|
13. INFORMATION
SEARCH
|
-
Buatlah beberapa pertanyaan yang dapat dijawab dengan mencari informasi yang dapat
ditemukan dalam bahan-bahan sumber
yang bisa diakses siswa, seperti : hands out, dokumen, buku teks, informasi
dari internet, dll).
-
Bagikan pertanyaan-pertanyaan tsb kepada
siswa
-
Minta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara
individual atau kelompok
-
Beri komentar atas jawaban yang diberikan
siswa.
-
Kembangkan jawaban untuk memperluas skop
pembahasan (zainul)
|
14. INDEX CARD
MATCH
|
-
Buatlah potongan-potongan kertas
sejumlah siswa yang ada di kelas
-
Bagi jumlah potongan kertas tersebut menjadi
dua bagian yang sama
-
Tulis pertanyaan tentang materi yang telah
diberikan sebelumnya pada setengah bagian kertas yang telah
disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan
-
Pada separuh kertas yang lain, tulis jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi dibuat
-
Kocoklah semua kertas, sehingga akan
tercampur antara soal dan jawaban
-
Beri setaip siswa satu kertas. (Jelaskan ini
adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuh siswa akan mendapatkan
soal dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban)
-
Minta siswa untuk menemukan pasangan mereka.
Jika sudah ketemu pasangannnya, minta mereka untuk duduk berdekatan.
Terangkan juga agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan
kepada teman yang lain.
-
Setelah semua siswa menemukan pasangan dan
duduk berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian untuk membaca
soal dan jawaban dengan keras kepada teman-teman yang lain.
-
Akhiri proses ini dengan membuat
klarifikasi dan kesimpulan (suwardi)
|
15.
GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS
|
-
Membuat potongan kertas sebanyak
dua kali jumlah peserta
-
Meminta setiap peserta melengkapi
; kertas (1) saya masih belum paham tentang ….. kertas (2) saya dapat menjelaskan
tentang …
-
Membagi kelompok kecil
-
Kelompok memilih kertas 1 …… dan kertas 2
…………..
-
Meminta masing-masing kelompok membacakan
kertas 1 …… dan kertas 2 .................
-
Menyampaikan rangkuman dan klarifikasi dari
jawaban dan penjelasan peserta (m. qodri)
|
16.
PICTURE AND PICTURE
|
-
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
-
Menyajikan materi sebagai
pengantar
-
Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
-
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian
memasang atau mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan
yang logis
-
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gambar tersebut
-
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
-
Kesimpulan/rangkuman (purwanto)
|
17.
NUMBERED HEADS TOGETHER
|
-
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam setiap kelompok mendapat nomor
-
Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
-
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar
dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya
-
Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan
nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
-
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian
guru menunjuk nomor yang lain
-
Kesimpulan (pujiarno)
|
18.
COOPERATIVE SCRIPT
|
-
Guru membagi siswa untuk berpasangan
-
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa
untuk dibaca dan membuat ringkasan
-
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama
berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
-
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
-
Sementara pendengar :
-
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap
-
Membantu mengingat atau menghafal
ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi
lainnya
-
Bertukar peran, semula sebagai pembicara
ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
-
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
-
Penutup
|
19.
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
|
-
Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang
secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
-
Guru menyajikan pelajaran
-
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk
dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti
dapat menjelaskan pada anggota lainnya
sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
-
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh
siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
-
Memberi evaluasi
-
Kesimpulan
|
20.
PROBLEM BASED INTRODUCTIONS
|
-
Guru menjelaskan kompetensi yang ingin
dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan.
Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang
dipilih.
-
Guru membantu siswa mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
-
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan
masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
-
Guru membantu siswa dalam merencanakan
menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi
tugas dengan temannya
-
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi
atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka
gunakan
|
21.
ARTIKULASI
|
-
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
-
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
-
Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah
kelompok berpasangan dua orang
-
Menugaskan salah satu siswa dari pasangan
itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya
mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran.
Begitu juga kelompok lainnya
-
Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian
siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
-
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi
yang sekiranya belum dipahami siswa
-
Kesimpulan/penutup
|
22.
THINK PAIR AND SHARE
|
-
Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi
yang ingin dicapai
-
Siswa diminta untuk berfikir tentang
materi/permasalahan yang disampaikan guru
-
Siswa diminta berpasangan dengan teman
sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
-
Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap
kelompok mengemukakan hasil diskusinya
-
Berawal dari kegiatan tersebut, Guru
mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang
belum diungkapkan para siswa
-
Guru memberi kesimpulan
-
Penutup (Jemuah)
|
23.
DEBATE
|
-
Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang
satu pro dan yang lainnya kontra
-
Guru memberikan tugas untuk membaca materi
yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
-
Setelah selesai membaca materi, Guru
menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian
ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar
siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
-
Sementara siswa menyampaikan gagasannya,
guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah
ide diharapkan.
-
Guru menambahkan konsep/ide yang belum
terungkap
-
Dari data-data yang diungkapkan tersebut,
guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang
ingin dicapai.
|
24.
ROLE PLAYING
|
-
Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan
ditampilkan
-
Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari
skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
-
Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya
5 orang
-
Memberikan penjelasan tentang kompetensi
yang ingin dicapai
-
Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk
untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
-
Masing-masing siswa berada di kelompoknya
sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
-
Setelah selesai ditampilkan, masing-masing
siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing
kelompok.
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil
kesimpulannya
-
Guru memberikan kesimpulan secara umum
-
Evaluasi
-
Penutup (anang)
|
25.
GROUP INVESTIGATION
|
-
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
heterogen
-
Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan
tugas kelompok
-
Guru memanggil ketua kelompok dan setiap
kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
-
Masing-masing kelompok membahas materi yang
sudah ada secara kooperatif yang
bersifat penemuan.
-
Setelah selesai diskusi, juru bicara
kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
-
Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus
memberi kesimpulan
-
Evaluasi
-
Penutup
|
26.
SNOWBALL THROWING
|
-
Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
-
Guru membentuk kelompok-kelompok dan
memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang
materi
-
Masing-masing ketua kelompok kembali ke
kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh
guru kepada temannya
-
Kemudian masing-masing siswa diberikan satu
lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang
menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
-
Kemudian kertas yang berisi pertanyaan
tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain
selama ± 15 menit
-
Setelah siswa dapat satu bola/satu
pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang
tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
-
Evaluasi
-
Penutup
|
27.
STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
|
-
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
-
Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
-
Memberikan kesempatan siswa untuk
menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
-
Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.
-
Guru menerangkan semua materi yang disajikan
saat itu.
-
Penutup
|
28.
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
|
-
Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang
yang secara heterogen
-
Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan
topik pembelajaran
-
Siswa bekerja sama saling membacakan dan
menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis
pada lembar kertas
-
Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
-
Guru membuat kesimpulan bersama
-
Penutup
|
29.
INSIDE-OUTSIDE CIRCLE
(lingkaran kecil-lingkaran besar)
|
-
Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran
kecil dan menghadap keluar
-
Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di
luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
-
Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran
kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan
oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
-
Kemudian siswa berada di lingkaran kecil
diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu
atau dua langkah searah jarum jam.
-
Sekarang giliran siswa berada di lingkaran
besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
|
30.
MIND MAPPING
|
-
Langkah-langkah :
-
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
-
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang
akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif
jawaban
-
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
-
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusi
-
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu)
membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai
kebutuhan guru
-
Dari data-data di papan siswa diminta
membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan
guru,
|
31.
BERTUKAR PASANGAN
|
-
Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru
biasa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
-
Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan
tugas dengan pasangannya
-
Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan
satu pasangan yang lain
-
Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan
masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan
jawaban mereka
-
Temuan baru yang didapat dari pertukaran
pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
|
32.
DEMONSTRATION (Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya
Gussen)
|
-
Langkah-langkah :
-
Guru menyampaikan TPK
-
Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang
akan dismpaikan
-
Siapkan bahan atau alat yang diperlukan
-
Menunjukan salah seorang siswa untuk
mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
-
Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan
menganalisa
-
Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil
analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
-
Guru membuat kesimpulan
|
33.
SCRAMBLE
|
-
Langkah-langkah :
-
Guru
menyajikan materi sesuai TPK
-
Membagikan
lembar kerja sesuai contoh
-
Contoh:
-
Susunlah
huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari
pertanyaan kolom A.
-
A.
-
Sebelum mengenal
uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
-
... digunakan
sebagai alat pembayaran yang sah
-
Uang ... saat ini
banyak dipalsukan
-
Nilai bahan
pembuatan uang disebut nilai ...
-
Kemampuan uang
untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai ...
-
Nilai perbandingan
uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut ...
-
Nilai yang
tertulis pada uang disebut nilai ...
-
dorongan
seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut ...
-
9. perintah
tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut
...
-
B.
-
TARREB
..................................
-
GANU
.......................................
-
TRASEK
....................................
-
KISTRINI
....................................
-
LIRI .............................................
-
SRUK
.......................................
-
MINALON
...............................
-
SAKSITRAN
..............................
-
KEC ............
|
34.
CONCEPTSENTENCES
|
-
Langkah-langkah :
-
Guru
menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai
-
Guru
menyajikan materi secukupnya
-
Guru
membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen
-
Menyajikan
beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
-
Tiap
kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata
kunci setiap kalimat
-
Hasil
diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu Guru
-
Kesimpulan
|
35.
COLLABORATIVE QUESTION AND ANSWER
|
-
Guru
membagikan materi bacaan
-
Masing
siswa membaca materi bacaan secara seksama
-
Setelah
selesai membaca, siswa disuruh membuat soal dari bahan bacaan (jumlah soal
tidak terbatas sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu)
-
Guru
kemudian membuat kelompok kecil terdiri atas dua orang. Lalu di antara mereka
saling bertukar soal dan menjawab soal tersebut berdasar bahan bacaan.
-
Langkah
ini bisa dilanjut dengan membuat
kelompok baru dan melakukan hal yang sama.
-
Setelah
selesai menjawab soal dilanjutkan dengan diskusi terkait dengan jawaban yang
diberikan di antara pasangan.
|
No comments:
Post a Comment