Thursday 16 October 2014

Macam-macam PEMBELAJARAN BERBASIS “ACTIVE LEARNING”


PEMBELAJARAN BERBASIS
ACTIVE LEARNING



1.      INQUIRING MINDS WANT TO KNOW
-         Fasilitator membuat pertanyaan terkait dengan apa yang diinginkan.
-         Peserta memberi jawaban.
-         Fasilitator menampung jawaban. Yang kemudian dijadikan sebagai jembatan apa yang akan disampaikan.

2.      POINT-COUNTER-POINT
-         Memilih issu-issu yang berperspektif
-         Membagi kelompok berdasarkan jumlah perspektif
-         Meminta kelompok menyiapkan argumen-argumen, masing-masing kelompok duduk terpisah
-         Peserta menyampaikan argumennya, minta tanggapan, bantahan atau koreksi dari kelompok lain
-         Merangkum debat dengan mengarisbawahi argumen-argumen yang muncul.

3.      GROUP RESUME
-         Fasilitator membagi siswa ke dalam kelompok –kelompok
-         Fasilitator memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi dan membuat resume kelompok
-         Fasilitator memberi kertas plano dan spidol kepada kelompok untuk menulis resume
-         Kelompok mempresentasikan resume
-         Fasilitator memberikan klarifikasi
-          
4.      PRACTICE—REHEARSAL
-         Memilih ketrampilan yang akan dipelajari oleh siswa
-         Siswa menyusun KETRAMPILAN yang diajarkan
-         Siswa mendemonstrasikan
-         Fasilitator memberikan klarifikasi

5.      ACTIVE KNOWLEDGE SHARING
-         Membuat pertanyaan
-         Peserta menjawab pertanyaan
-         Peserta menjawab pertanyaan dengan saling membantu
-         Memeriksa jawaban perserta, mengenalkan topik yang penting

6.      LEARNING START WITH A QUESTION
-         Memilih bacaan dan membagikannya kpd peserta
-         Meminta peserta mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman
-         Meminta peserta memberi TANDA pada bagian bacaan yang tidak dipahami
-         Peserta menulis pertanyaan tentang materi  yg dibaca
-         Mengumpulkan pertanyaan yang telah ditulis peserta
-         Menyampaikan pembelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
7.      CARD SORT
-         Membagi potongan kertas yang berisi informasi dalam satu atau lebih kategori
-         Peserta berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama
-         Peserta mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas
-         Memberikan poin-poin penting terkait dengan materi

8.      THE POWER OF TWO
-         Mengajukan pertanyaan yang menuntut perenungan dan pemikiran
-         Meminta peserta menjawab pertanyaan secara individu
-         Meminta peserta untuk berpasangan dan saling bertukar jawaban dan membahasnya
-         Meminta pasangan membuat jawaban baru dari pertanyaan dan memperbaiki jawaban individualnya.
-         Membandingkan jawaban setiap pasangan di dalam kelas (mugi)

9.      JIGSAW LEARNING
-         Memilih materi menjadi beberapa segmen
-         Membagi peserta menjadi beberapa kelompok
-         Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi yang berbeda
-         Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari
-         Mengembalikan suasana kelas seperti semula
-         Memberi pertanyaan untuk mengecek pema-haman peserta terhadap materi (maskanah)

10.  EVERYONE IS A TEACHER HERE
-         Membagi secarik kertas/kartu indeks ke peserta. Peserta diminta membuat satu pertanyaan tentang materi.
-         Mengumpulkan kertas, mengacaknya dan membagi-kannya  kepada setiap peserta
-         Meminta peserta secara sukarela membacakan pertanyaan dan menjawabnya
-         Setelah jawaban diberikan, mintalah peserta lainnya untuk menambahkan
-         Melanjutkan  dengan sukarelawan berikutnya (Umiyati)

11.  READING GUIDE
-         Menentukan bacaan yang akan dipelajari
-         Membuat kisi-kisi pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa melalui bahan bacaan yang telah dipilih
-         Membagikan bahan-bahan bacaan dengan kisi-kisi pertanyaan kepada setiap siswa
-         Setiap siswa mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan kisi-kisi pertanyaan yang ada
-         Membahas kisi-kisi pertanyaan dengan menanyakan jawabannya kepada siswa. (st Kuraisin)

12.  READING A LOAD
-         Pilih satu teks yang cukup menarik untuk dibaca  dengan keras. Usahakan teks tidak terlalu panjang
-         Berikan copy-an teks kepada siswa . Beri tanda poin-poin  atau isu-isu yang menarik untuk didiskusikan
-         Ketika bacaan sedang berlangsung, berhentilah pada beberapa tempat atau tanda untuk menekankan arti penting poin-poin tertentu, untuk bertanya atau memberi contoh. Beri kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi  jika mereka menunjukkan ketertarikan pada poin tersebut.
-         Akhiri proses dengan bertanya kepada siswa apa yang ada dalam teks. (marsudi)   

13.  INFORMATION SEARCH
-         Buatlah beberapa pertanyaan yang dapat  dijawab dengan mencari informasi yang dapat ditemukan  dalam bahan-bahan sumber yang bisa diakses siswa, seperti : hands out, dokumen, buku teks, informasi dari internet, dll).
-         Bagikan pertanyaan-pertanyaan tsb kepada siswa
-         Minta siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara individual atau kelompok
-         Beri komentar atas jawaban yang diberikan siswa.
-         Kembangkan jawaban untuk memperluas skop pembahasan (zainul)

14.  INDEX CARD MATCH
-         Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah  siswa yang ada di kelas
-         Bagi jumlah potongan kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama
-         Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kertas yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan
-         Pada separuh kertas yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi dibuat
-         Kocoklah semua kertas, sehingga akan tercampur  antara soal dan jawaban
-         Beri setaip siswa satu kertas. (Jelaskan ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban)
-         Minta siswa untuk menemukan pasangan mereka. Jika sudah ketemu pasangannnya, minta mereka untuk duduk berdekatan. Terangkan juga agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.
-         Setelah semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian untuk membaca soal dan jawaban dengan keras kepada teman-teman yang lain.
-         Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan (suwardi)

15.  GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS
-         Membuat potongan kertas sebanyak dua kali jumlah peserta
-         Meminta setiap peserta melengkapi ; kertas (1) saya masih belum paham tentang ….. kertas (2) saya dapat menjelaskan tentang …
-         Membagi kelompok kecil
-         Kelompok memilih kertas 1 …… dan kertas 2 …………..
-         Meminta masing-masing kelompok membacakan kertas 1 …… dan kertas 2 .................
-         Menyampaikan rangkuman dan klarifikasi dari jawaban dan penjelasan peserta (m. qodri)

16.  PICTURE AND PICTURE
-         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-         Menyajikan materi sebagai pengantar
-         Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
-         Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang atau mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
-         Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
-         Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
-         Kesimpulan/rangkuman (purwanto)

17.  NUMBERED HEADS TOGETHER
-         Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
-         Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
-         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
-         Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
-         Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
-         Kesimpulan (pujiarno)

18.  COOPERATIVE SCRIPT
-         Guru membagi siswa untuk berpasangan
-         Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
-         Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
-         Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
-         Sementara pendengar :
-         Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
-         Membantu mengingat atau menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
-         Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
-         Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
-         Penutup

19.  STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
-         Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
-         Guru menyajikan pelajaran
-         Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
-         Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
-         Memberi evaluasi
-         Kesimpulan

20.  PROBLEM BASED INTRODUCTIONS
-         Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
-         Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
-         Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
-         Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
-         Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
21.  ARTIKULASI
-         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-         Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
-         Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
-         Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
-         Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
-         Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
-         Kesimpulan/penutup

22.  THINK PAIR AND SHARE
-         Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
-         Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
-         Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
-         Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
-         Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
-         Guru memberi kesimpulan
-         Penutup (Jemuah)

23.  DEBATE
-         Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
-         Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
-         Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
-         Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
-         Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
-         Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

24.  ROLE PLAYING
-         Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
-         Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
-         Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
-         Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
-         Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
-         Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
-         Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
-         Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
-         Guru memberikan kesimpulan secara umum
-         Evaluasi
-         Penutup (anang)

25.  GROUP INVESTIGATION
-         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
-         Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
-         Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
-         Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan.
-         Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
-         Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
-         Evaluasi
-         Penutup

26.  SNOWBALL THROWING
-         Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
-         Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
-         Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
-         Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
-         Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
-         Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
-         Evaluasi
-         Penutup

27.  STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
-         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-         Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
-         Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
-         Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa.
-         Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
-         Penutup

28.  COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
-         Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
-         Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
-         Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
-         Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
-         Guru membuat kesimpulan bersama
-         Penutup

29.  INSIDE-OUTSIDE  CIRCLE
(lingkaran kecil-lingkaran besar)
-         Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
-         Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
-         Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
-         Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
-         Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya

30.  MIND MAPPING
-         Langkah-langkah :
-         Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-         Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
-         Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
-         Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
-         Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
-         Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru,


31.  BERTUKAR PASANGAN
-         Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya
-         Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
-         Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
-         Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
-         Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula

32.  DEMONSTRATION (Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
-         Langkah-langkah :
-         Guru menyampaikan TPK
-         Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan dismpaikan
-         Siapkan bahan atau alat yang diperlukan
-         Menunjukan salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
-         Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisa
-         Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
-         Guru membuat kesimpulan

33.  SCRAMBLE
-         Langkah-langkah :
-         Guru menyajikan materi sesuai TPK
-         Membagikan lembar kerja sesuai contoh
-         Contoh:
-         Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A.
-         A.
-         Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
-         ... digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
-         Uang ... saat ini banyak dipalsukan
-         Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai ...
-         Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai ...
-         Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut ...
-         Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai ...
-         dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut ...
-         9. perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di    bank untuk membayar sejumlah uang disebut ...

-         B.
-         TARREB ..................................
-         GANU .......................................
-         TRASEK ....................................
-         KISTRINI ....................................
-         LIRI .............................................
-         SRUK .......................................
-         MINALON ...............................
-         SAKSITRAN ..............................
-         KEC ............

34.  CONCEPTSENTENCES
-         Langkah-langkah :
-         Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai
-         Guru menyajikan materi secukupnya
-         Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen
-         Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan
-         Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
-         Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu Guru
-         Kesimpulan

35.  COLLABORATIVE QUESTION AND ANSWER
-         Guru membagikan materi bacaan
-         Masing siswa membaca materi bacaan secara seksama
-         Setelah selesai membaca, siswa disuruh membuat soal dari bahan bacaan (jumlah soal tidak terbatas sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu)
-         Guru kemudian membuat kelompok kecil terdiri atas dua orang. Lalu di antara mereka saling bertukar soal dan menjawab soal tersebut berdasar bahan bacaan.
-         Langkah ini  bisa dilanjut dengan membuat kelompok baru dan melakukan hal yang sama.
-         Setelah selesai menjawab soal dilanjutkan dengan diskusi terkait dengan jawaban yang diberikan di  antara pasangan.




No comments:

Post a Comment